Gitar

Sejarah Singkat Gitar


Sejarah Singkat Gitar

Gitar merupakan salah satu jenis alat musik petik, gitar merupakan alat musik yang memiliki sejarah yang cukup panjang, tapi disini saya akan menuliskan garis besarnya saja, berikut merupakan sejarah gitar. Gitar pertama kali dibuat sekitar tahun 1900-1800 SM. Dari pertama kali dibuat hingga tahun 1960 gitar mengalami perkembangan yang sangat pesat. Gitar mengalami perubahan dari segi bentuk dan jenisnya. Dari segi jenisnya gitar memiliki berbagai macam nama. Banyak orang beranggapan bahwa gitar berasal dari spanyol, karena gitar sangat mirip dengan alat musik asal spanyol yang bernama Vihuela yang ada sekitar abad ke 16. Gitar memiliki bentuk yang sama dengan ukulele, pada awal dibuatnya gitar sangatlah mirip dengan ukulele, karena pada awal dibuat gitar berukuran lebih kecil dan hanya memiliki 4 buah dawai. Itu merupakan sejarah gitar akustik atau gitar sederhana.

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik finger picking komprehensif.


Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop. 


Sekian Dari Saya Semoga Bermanfaat

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama